Jumat, 25 September 2009

Cara Mudah : Menyeleksi Anak ltik Yang Baru Menetas (DOD)

Peternak atau calon peternak lebih banyak mencari itik betina untuk dijadikan itik petelur. Namun, ada juga yang mencari itik jantan untuk dibesarkan dan dijadikan itik potong. Anak itik (DOD) betina harganya lebih mahal tiga kali lipat dibandingkan dengan harga DOD jantan.

Agar  prosespenjualan DOD ini berjalan lancar, sebaiknya dilakukan penyeleksian terhadap kelamin anak ayam. Penyeleksian ini sebaiknya dilakukan ketika DOD berumur lima hari. Istilah DOD digunakan untuk anak itik yang berumur satu hari sampai dua minggu. Setelah bulunya kering, anak itik harus dipindahkan dari mesin tetas dan siap dipelihara di kandang pemeliharaan. Anak itik betina harus dipisahkan dari anak itik jantan. Semakin cepat dipisahkan, semakin bagus. Persoalannya, anak itik betina bisa tidak kebagian makan karena bersaing dengan anak itik jantan yang makannya lebih rakus. Membedakan anak itik betina dengan anak itik jantan bisa dilihat dari jenis kelaminnya.

Cara membedakannya yaitu dengan membuka kloakanya. Anak itik (DOD) jantan memiliki titik hitam memanjang bulat seperti butiran beras yang menonjol. Sementara itu, DOD betina hanya memiliki tanda berbentuk garis. Melihat kloaka bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Pegang anak itik dengan tangan kanan.
  2. Jepit bagian lehernya dengan jari tengah dan jari manis tangan kiri.
  3. Arahkan badan dan kepalanya ke bawah perut. perut bagian bawah diraba dengan ibu jari dan jari kelingking kiri.
  4. Tekuk punggung sampai kotoran ayam keluar.
  5. Tekan bagian bawah anus, lalu letakkan telunjuk tangan kanan di bagian anus.
  6. Buka lubang anus sampai bagian dalamnya menonjol
  7. Perhatikan cirri cirri yang terdapat di kloaka.
  8. Di bagian kloaka DOD betina tidak tampak penis, tetapi di bagian kloaka DOD jantan akan tampak tonjolan penis seperti beras.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar