Rabu, 02 September 2009

Panen dan Pasca Panen, KACANG TANAH

 1.Panen
Kacang tanah dipanen pada saat mencapai kemasakan biji yang tepat. Panen yang terlalu cepat membuat biji menjadi keriput. Tanda tanda kacang tanah yang telah tua dan dapat dipanen ialah :

• Sebagian besar daun telah menguning
• Kulit polong menjadi keras, kelihatan berserat, dan bagian dalam berwarna coklat.
• Biji telah terisi penuh.
• Kulit biji tipis dan mengkilat.

Untuk keperluan konsumsi, maka kacang tanah dipanen sekitar umur 90 – 105 hari ( tergantung varietasnya). Varietas kacang tanah local biasanya dipanen pada umur 90 – 95 hst, sedangkan varietas ungggul sebaiknya dipanen pada umur 100 – 105 hst, kecuali pada dataran yang cukup tinggi ( 400 – 500 dpl) dan yang ditanam pada musim hujan, umumnya akan lebih panjang.

Sebelum panen, tanah yang agak kering ada baiknya dibasahi dulu agar olong tidak banyak tertinggal sewaktu pencabutan.

Penanganan kacang tanah yang terlambat panen, harus dipisahkan antara yang telah tumbuh dan masih muda dan yang akan disimpan. Hal ini karena kacang tanah yang tumbuh dan polong muda merupakan media yang baik untuk pertumbuhan cendawan Aspergillus flavus, penghasil Afalatoxin dan Penicillium, sp.

Selanjutnya polong dijemur hingga bijinya mencapai kadar air kurang dari 9 %, Biji untuk benih sebaiknya pada kadar air 7 % sehingga dapat disimpan sampai 1 tahun. Lebih.



2.Pasca Panen
Polong tua yang tidak pecah dipisah dari polong muda, kemudian dijemur.

Pengeringan dapat dilakukan dengan sinar matahari atau alat pengering. Gunakan alas atau lantai Jemur.

Bila cuaca cerah, pengeringan selama 7 hari bertururt turut sudah cukup kecuali kacang tanah untuk benih, harus dijemur sampai 10 hari.

Untuk memperoleh biji kacang tanah polong yang telah kering dikupas dengan tangan, kemudian ditampi agar bersih dan diplih yang baik.

Untuk mengetahui kadar air 8 – 11 % dapat menggunakan pedoman yaitu apabila kulit ari biji mudah terkelupas dan bila bijinya ditekan ( disebelah) dengan kuku ibu jari ada tertinggal minyak yang mengkilat pada kuku.

Untuk keperluan benih, kacang tanah dikeringkan dalam bentuk polong agar tidak mudah terkontaminasi cendawan bebas dari hama gudang dan kadar airnya tetap.

Biji untuk beNih berkadar air 10 % disimpan dalam plastic agak tebal yang tertutup rapat ( kedap udara).

Anda ingin info lengkap tentang Budidaya Kacang Tanah.
Silahkan Klik Link berikut ini :


Untuk info tambahan, anda dapat klik milik Departemen Pertanian, yang berhubungan tentang Budidaya Kacang tanah.
Mau ya Klik aja Link ini

2 komentar: