Click here for Myspace Layouts

Sabtu, 05 September 2009

Program PUAP 2009 di Desaku


Tahun 2009, ditempat tugasku, mendapat Program pemerintah yaitu PUAP.
dari 9 desa yang ada di Kecamatan Bajuin Kab. Tanah Laut Kalsel, hanya 1 desa yang mendapat keberuntungan.Untuk seluruh Kabupaten Tanah Laut sebanyak 25 desa atau 25 Gapoktan.
Kegiatan PUAP sudah mulai tahap penyusunan AD/ART, Rapat RUA, RUK dan RUB
Penyerahan dokumen PUAP didesaku sesuai dari Tim Pelaksana Teknis PUAP, akhir September 2009 sudah sampai ke Kabupaten.
Gapoktan penerima dana PUAP adalah " SINAR TANI '' yang beralamat di Desa Sungai bakar RT 01 RW 1, dengan ketua : Wagino, Sekretaris : Adnawi dan Bendahara : Yudi Friadi. Jumlah Anggota Gapoktan sebanyak 130 orang yang tergabung dalam 5 Kelompok Tani.

Usulan penggunaan Dana PUAP ditujukan untuk : tanaman pangan ( Padi, Palawija dan Sayuran ), peternakan khusus penggemukan Sapi Bali

PENDAHULUAN
  1. Permasalahan petani diperdesaan adalah akses kepada sarana dan prasarana produksi, khususnya akses kepada sumber pembiayaan.
  2. Umumnya petani diperdesaan adalah petani miskin dan tidak mempunyai aset yang dapat dijadikan agunan sebagai persyaratan lembaga keuangan/ bank. Data BPS menunjukan penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan di Indonesia pada bulan Maret 2008 tercatat sebesar 34,96 juta jiwa (15,42%).
  3. Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi mesyarakat perdesaan dengan basis usaha agribisnis, Departemen Pertanian meluncurkan program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP).




Tujuan puap
  1. Memberikan akses pembiayaan kepada petani anggota Gapoktan dalam rangka meningkatkan kinerja usaha ekonomi keluarga tani dan mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran di perdesaan.
  2. Memberdayakan Gapoktan sebagai kelembagaan ekonomi petani yang dapat dan mampu mengelola dana PUAP untuk pengembangan kegiatan usaha agribisnis anggota.
  3. Meningkatkan fungsi Gapoktan sebagai kelembagaan ekonomi petani menjadi jejaring atau mitra lembaga keuangan dalam rangka akses ke permodalan.
SASARAN
  1. PUAP diprioritaskan pada desa miskin/ tertinggal sesuai dengan potensi pertanian desa.
  2. Gapoktan/Poktan yang dimiliki dan dikelola petani.
  3. Meningkatnya kesejahteraan rumah tangga tani miskin, petani/peternak (pemilik dan atau penggarap) skala kecil dan buruh tani.
Berkembangnya usaha agribisnis yang mempunyai transaksi hasil usaha harian, mingguan maupun musiman

Pada tahun 2009 Departemen Pertanian melalui persetujuan Komisi IV DPR RI telah menganggarkan dana sebesar Rp. 1 Trilyun untuk 10.000 Gapoktan/Desa yang tersebar di 33 Propinsi
Pola dasar PUAP dirancang untuk meningkatkan keberhasilan dalam mengembangkan usaha produktif petani skala kecil, buruh tani dan rumah tangga tani miskin dengan dukungan modal (dasar) dari dana BLM PUAP kepada Gapoktan

KOMPONEN UTAMA DARI POLA DASAR PUAP
1.Keberadaan Gapoktan;
2.Keberadaan Penyuluh Pendamping dan Penyelia Mitra Tani sebagai pendamping;
3.Pelatihan bagi petani, pengurus Gapoktan,dll; dan
4.Penyaluran BLM kepada petani (pemilik dan atau penggarap), buruh tani dan rumah tangga tani.

Akhir dari PUAP yang didapat
1.Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) merupakan langkah terobosan Departemen Pertanian untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran. PUAP merupakan entry point dan perekat bagi seluruh program Departemen Pertanian dan sektor lain yang terkait dalam program PNPM-Mandiri.

2.Dalam rangka mempercepat keberhasilan PUAP diperlukan berbagai upaya dan strategi pelaksanaan yang terpadu melalui: (1) Pengembangan kegiatan ekonomi rakyat yang diprioritaskan pada penduduk miskin perdesaan melalui peningkatan kualitas SDM; (2) Penguatan modal bagi petani, buruhtani dan rumahtangga tani; dan (3) Penguasaan teknologi produksi, pemasaran hasil dan pengelolaan nilai tambah.
Keberhasilan PUAP sangat ditentukan oleh kerjasama dan komitmen seluruh pemangku kepentingan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan sampai dengan dukungan anggaran dari tingkat pusat sampai daerah. Diharapkan melalui PUAP akan tumbuh kemampuan dan keswadayaan ekonomi petani diperdesaan serta sekaligus tumbuhnya Unit Usaha Otonom ditingkat Gapoktan

Untuk info lebih lengkap tentang PUAP, baiknya anda mengklik situs resmi milik Departemen Pertanian RI

ini dia klik aja

2 komentar:

  1. pak gimana dapetin bantuan modal dari puap

    BalasHapus
  2. UNtuk jawab ini repot juga, soalnya banyak yang menentukan, yang ambil keputusan . Siapa yang berhak memilih desa penerima PUAP, menurut aku baca dan pengalaman :
    1. Usulan dari pemerintah Daerah
    2.Usulan dari Pemerintah Propinsi
    3. Usulan dari Departemen Pertanian
    4. Usulan dari Partai Politik
    5. Usulan dari Dinas Pertanian, PMD,
    6. Usulan dari Dirjen di Departemen 2.
    7. Dari Masyarakat
    Semua itu ditampung di Departemen Pertanian, Disaring,dan di Putuskan. Jadi anda yang harus usulkan ke Bupati melalui instansi /dinas .

    BalasHapus