Halaman

Jumat, 02 Oktober 2009

Agribisnis : Empat karakteristik produk yang terpengaruh terhadap biaya pemsaran :



  1. Kadar kerusakan : Produk yang sangat mudah rusak memerlukan biaya pemasaran yang sangat tinggi yang mencakup produk yang rusak, penanganan khusus dan sarana penyimpanan khusus.
  2.  “Besarnya “( bulkiness ) produk : Ukuran fisik produk yang tidak diimbang dengan besarnya nilai akan memperbesar biaya pemasaran, sebab makin besar suatu produk makin banyak biaya untuk pengangkutan, penyimpanan, dan pembungkusannya. Jika nilai barang tidak sebanding dengan ukuran fisiknya, maka tentu proporsi antara biaya pemasaran dengan bagian pengusaha tani akan berbeda.
  3.  Sifat musiman . Produk yang dipanen dalam jangka waktu yang sangat pendek, akan memerlukan biaya penyimpanan dan penanganan yang mungkin jauh lebih besar
  4.  Perbedaan bentuk antara produk mentah dan produk olahan. Pemrosesan dan pekerjaan lain yang harus diselesaikan sebelum produk sampai ke konsumen akan smakin memperbesar biaya pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar