Halaman

Selasa, 05 Januari 2010

KREATIVITAS PESERTA PELATIHAN / PETANI


Sebagian besar masyarakat masih hidupn terkurung dalam tradisi yang kuat. Akibatnya, dalam memecahkan permasalahan, mereka sangat dipengaruhi oleh adat istiadat dan kebiasaan yang ada. Mereka kurang kreatif dan kurang berani ke luar dari kebiasaan – kebiasaan yang kurang menguntungkan. 

Banyak metode untuk melatih kreativitas masyarakat diantaranya permainan :
1. Sembilan Titik
2. Berapa Bujur Sangkar
3. Potong Sebanyak mungkin
4. Penjepit Kertas
5. Mutiara Dalam Guci


Nah ini ada permainan menarik untuk anda yang sering bertemu dengan orang banyak, melakukan pertemuan, kunjungan.

Untuk meramaikan acara pertemuan, alangkah baiknya anda melakukan kegiatan bersama dengan peserta.
Ya untuk apa ya, agar peserta menjadi lebih aktif, bergairah, tentunya anda akan senang. Mau mencobanya.
Ikuti aja lengkah berikut ini ;

PENJEPIT KERTAS...

Tuiuan:
Merangsang kreativitas dan keberanian peserta untuk berpendapat.

Langkah - langkah :
l. Tunjukkan kepada peserta penjepit kertas, atau apa saja benda kecil yang kira-kira dikenal oleh peserta.
2. Mjntalah peserta untuk menuliskan apa saja kegunaan dari benda tersebut.
3. Batasi waktunya sampai 2 menit saja.
4. Catat semua jumlah dari masing-masing pserta, ajak mereka membahas mengapa ada yang banyak dan ada yang sedikit?



SEMBILAN TITIK

Tujuan
  •  Peserta memahami peinsip dasar kreativitas dan sikap kreatif
  •  Peserta menyadari factor penghambat kreativitas

Waktu : 60 Menit

Peralatan

Papan tulis spidol, alat tulis untuk peserta


Langkah – langkah
1.    Gambarkan “ Sembilan titik “ dipapan tulis
2.    Mintalah peserta untuk menghubungkan kesembilan titik tersebut dengan 4 buah garis lurus, tanpa mengangkat pulpen/pensil ( sekali tarik garis, tarik terus dan tak boleh putus lagi )
3.    
Beri waktu 5 – 10 menit  bagi peserta untuk mengerjakannya. Setalah itu beri kesempatan kepada peserta yang merasa mampu menyelesaikannya untuk mengerjakannya dipapan tulis. Peserta lain diminta memperhatikan apakah benar atau salah.

4.    Jika tak ada peserta yang  mampu mengerjakannya, beri contoh jawabannya langsung dan mati apakah reaksi setelah mengetahui jawaban tersebut.
5.    
Tanyakan : megapa tak bisa ?
6.    Diskusikan dan analisis bersama jawaban tersebut sampai pada prinsip dasar dan hambatan kreativitas
  • Hambatan kreatitivtas takut salah, tak berani ke luar dari kebiasaan, membatasi diri sendiri
  •  Prinsip kreativitas, jangan menghakimi, jangan takut salah, jangan membatasi diri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar