-->
a. Identifikasi sasaran
Pada tahap ini dipelajari keadaan petani yang akan menjadi sasaran atau pengguna media, misalnya, bagaimana keadaan social masyarakat dan demografi sasaran ? ; keadaan tingkat pengetahuan ; sikap dan keterampilannya ? juga apakah mereka teramasuk orang yang selalu ingin tahu dan teliti, lancar membaca atau buta huruf, serta apakah menguasai bahasa Indonesia dengan baik atau tidak.
Pengetahuan kita terhadap sasaran tidak cukup hanya sekedar tahu melainkan harus benar benar mengenal mereka. Tidak hanya mengenal orang - orang, tapi mengenal keadaan kelompok sasaran.
b. Analisis Masalah
Dengan menganalisa masalah petani dan pembangunan pertanian secara tepat, akan sangat menentukan keefektifan materi penyuluhan. Masalah yang terjadi dibahas bersama, dan disusun prioritas pemecahan masalah berdasarkan kesepakatan bersama. Dalam menetapkan daftar prioritas harus dipertimbangkan ketersediaan biaya, tingkat urgensinya, kebutuhan dan kondisi setempat, ketersediaan sumberdaya dan fasilitas.
c. Menentukan tujuan
Dari hasil identifikasi sasaran dan analisis masalah akan menunjukkan adanya sutu kebutuhan sasaran terhadap materi tertentu. Fakta ini merupakan dasar untuk merancang kegiatan pembuatan media, sehingga kebutuhan sasaran terpenuhi.
Tujuan yang dibuat merupakan arah bagi sasaran atau petani, sehingga tujuan disini merupakan pernyataan sesuatu yang ingin dicapai. Tujuan yang dibuat harus menguntungkan khalayak sasaran sehingga dapat mengembangkan kemampuan mereka.
d. Merumuskan pesan
Pesan yang disampaikan tergantung pada karakteristik sasaran, tujuan yang ingin dicapai dan berdasarkan prioritas serta sesuai dengan keadaan sasaran. Pesan yang disampaikan harus sederhana, artinya sesuai dengan keadaan sasaran dan tidak menggunakan istilah asing. Isi pesan yang disampaikan hendaknya :
· Dikenal atau pernah dicoba oleh petani
· Sesuai dengan rekomendasi Pemerintah
· Memungkinkan untuk dilaksanakan, baik secara teknis, sosal maupun ekonomi
· Petani dapat melaksanakan
· Sesuai dengan kemampuan dan sarana yang ada.
e. Uji Coba
Sebelum media diperbanyak/disebarluaskan seharusnya dilakuan uji coba. Tujuan dilaksanakan uji coba media untuk mengetahui isi atau pesan yang terdapat pada media apakah dapat menarik perhatian, dimengerti, dipahami dan dibutuhkan sasaran.
· Daya tarik komponen ini untuk mengetahui pesan suatu media, apakah kelompok sasaran menyenanginya.
· Pemahaman komponen ini untuk mengetahui apakah pesan pesan dapat dipaham, dan dimengerti
· Penerimaan, komponen ini untuk mengetahui apakah pesan pesan social budaya dapat diterima dan tidak menyinggung perasaan ?
· Melibatkan Sasaran, komponen ini untuk mengetahui apakah sasaran merasa dilibatkan ataukah pesan pesan tersebut untuk orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar