Jumat, 27 November 2009

Keuntungan dan Kekurangan Polybag sebagai Wadah Tanam



Keuntungan Pemakaian Polybag
  • Biaya lebih murah untuk pembelian Polybag bertanam dibandingkan Pot
  • Mudah dalam perawatan
  • Pengontrolan / pengawasan per individu tanaman lebih jelas untuk pemeliharaan tanaman seperti serangan hama/penyakit, kekurangan unsure hara
  • Tanaman terhindar dari banjir, tertular hama / penyakit.
  • Polybag mampu di tambahkan bahan organic / pupuk kandang sesuai takaran
  • Menghemat ruang dan tempat penanaman
  • Komposisi media tanam dapat diatur
  • Nutrisi yang diberikan dapat langsung diserap akar tanaman
  • Dapat dibudidayakan tidak mengenal musim
  • Sebagai Tanaman Obat dan Tanaman Hias di Pekarangan/Teras.
Kerugian
  • Polybag mempunyai daya tahan terbatas ( maksimal 2-3 tahun) atau 2 – 3 kali pemakaian untuk media tanam
  • Kurang cocok untuk usaha skala besar
  • Produktivitas tidak maskimal dibandingkan pada lahan
  • Media tanam akan terkuras / berkurang unsure organic dan media lainnya.
 Pemilihan polybag sebagai wadah tanam untuk budidaya dipengaruhi oleh beberapa factor yang dimilikinya seperti, harga murah, tahan karat, tahan lama, ringan bentuk seragam, tidak cepat kotor dan mudah diperoleh pada toko Saprodi, toko Plastik.Selain itu sangat baik untuk drainage, aerasi sehingga tanaman dapat tumbuh subur seperti dilahan. Penentuan ukuran Polybag yang cocok untuk pertumbuhan tanaman diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam penggunaan media dan nutrisi.

10 komentar:

  1. sip, makasih. info polybag ini menambah pengetahuan saya. didalam lubuh hati yang dalam pingin juga suatu saat nanti jadi petani. salam kenal... ditunggu ya kalo masih mau ikutan 'buku gratis' hehe...

    BalasHapus
  2. Ass.Wr.Wb. Pak di polibag nya ada CD - CD, apa fungsi CD2 tersebut ? Kemudian pasang CD nya tentunya waktu tanaman cabenya masih kecil ya pak ?

    BalasHapus
  3. Fungsinya nya mirip kaya mulsa plastik di lahan,untuk tanam cabai. Membuat hama menghindar dari cabai, mengurangi pertumbuhan gulma.

    Pasang cd tanaman udah tua bisa juga, gunting cdnya , tekan salah satu bidang yang digunting, masukan lewat / celah yang kita tekan. Bisalah masukan.
    Aku coba tan kecil, resiko kematian bibit lebih besar.

    BalasHapus
  4. wah..bukankah polybag dpt menjadi timbulan sampah?? pa syaiful..saya kepingin deh sharing sama bapak, ttg perbandingan polybag dgn coco pot (pot dr serat sabut kelapa).

    BalasHapus
  5. Ditempatku,Kelapa sepertinya mulai langka. Dari Disbun penananamn baru untuk 3 tahun terakhir tidak ada, tanaman tua ditebang, buah muda diambil untuk minuman.
    Kotaku mengimport dari Kabupaten lain untuk mendatang buah kelapa.
    Mana cukup untuk bikin pot dari serat kelapa.
    Berapa biayanay ya untuk biat Pot tersebut, sudah adakah hsl penelitian /kajiannya

    BalasHapus
  6. Blog yang cukup inspiratif,
    thanks 4 share

    BalasHapus
  7. terima kasih pak.
    informasinya sangat membantu

    BalasHapus
  8. Ternyata begitu banyak juga manfaat polybag untuk pembibitan tanaman, polybag sendiri juga ada beberapa jenis dari yg ori hingga kw biasa. Jangan lupa buat anda semua yg membutuhkan polybag dalam kuantity besar mampir ke web kami juga ya.. http://www.polybag99.com/2016/07/harga-polybag-murah-untuk-agrobisnis.html

    BalasHapus
  9. Assallamualaikum, mohon maaf mengganggu waktunya, saya mau tanya, saya ingin memulai tanam
    L cabe di polybag, lalu bagaimana pengolahan tanah yg baik utk cabe ? Dan pemumpukan harus pake pupuk apa ? Gimana cara memakai pupuknya juga saya belum tau, karna saya pemula, mohon infonya ya,
    Wassalamuallaikum wr wb

    BalasHapus