Sabtu, 19 September 2009

CENGKEH , Pemeliharaan Tanaman, Pemupukan

Pemupukan diberikan sejak dipesemaian sampai pada pohon cengkeh dewasa. Jenis dan dosis pupuk yang diberikan yaitu :
1.Pupuk Kandang
Biasanya digunakan pada pesemaian dan lubang tanaman dan pada tanah tanah yang kurus. Cara pemberiannya di kanan kiri pohon dibuat lubang lebar 0.5 meter, panjang 1 – 2 meter dengan dosis secukupnya atau 5 blek/lubang

2.Kompos
Pupuk ini dibuat sendiri, atau beli banyak sudah tersedia pupuk organi seperti Bokashi, bahan dibuat dari rumputan (alalang, jerami dan lain lain ) . Setelah 1 – 2 minggu kompos siap untuk diberikan, setelah diberi biodekomposir

3.Fosfat
Dosis yang diberikan 3 kg/lubang dicampur waktu menutup lubang

4.Pupuk Urea
Dosis pupuk urea pada saat pesemaian 30 gram/pohon ditaburkan disekittar pohon, dan tiap 3 bulan tanah pesemaian digemburkan kemudian ulangi pemberian pupuk

5.Pupuk NPK
Dosis pupuk compound ( NPK) yaitu

Umur/Tahun Dosis Dipupuk
1 50 gr/phn 2 - 3 kali
2 100 gr/phn 2 - 3 kali
3 300 gr/phn 2 - 3 kali
4 750 gr/phn 2 - 3 kali
5 1000 gr/phn 2 - 3 kali
6 2000 gr/phn 2 - 3 kali
7 3000 gr/phn 2 - 3 kali
8 4000 gr/phn 2 - 3 kali
9 - 14 5000 gr/phn 2 - 3 kali


Untuk bahan pustaka, menambah info tentang Tanaman cengkeh secara lengkap anda dapat mengklik berikut ini :
1. Link iptek :( Informasi teknologi)

2. Balittro ( balai penelitian Tanaman Obat dan Aromatika)

3. Pdfdatabase

4. Pemupukan Tanaman Cengkeh

4 komentar:

  1. terimakasih sangat bermanfaat infonya, apa ada ciri-ciri pohon cengkeh unggul dan dimana mendapatkan bibitnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada di probolinggo.. busy_low@yahoo.com

      Hapus
    2. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah
      BUKA PESUGIHAN PUTIH TAMPA TUMBAL

      Hapus
  2. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    BalasHapus