Selasa, 30 Juni 2009

RENCANA KEGIATAN KELOMPOK

2.Rekapitulasi Rencana Usaha Keluarga

a.Rekapitulasi jenis usaha yang telah disusun oleh anggota kelompok yang menyangkut luas/volume usaha, kebutuhan sarana modal dan alat yang dibutuhkan oleh masing-masing keluarga
b.Identifikasi masalah yang muncul dalam setiap jenis usaha dalam RUK yang
telah disusun. Kelompokkan masalah masalah yang sama dihadapi oleh anggota.
c.Musyawarahkan masalah-masalah apa saja yang dianggap menjadi prioritas untuk dipecahkan melalui kegiatan kelompok . Masalah usaha anggota dapat dijadikan prioritas dengan pertimbangan :
  •  Dihadapi oleh sebagian besar anggota
  •  Memiliki dampak yang besar bila tidak ditangani secara bersama.

3.Analisis Prioritas Kebutuhan

Analisa kebutuhan adalah proses penilaian terhadap sumberdaya yang dimiliki dan dibutuhkan keluarga tani yang diutangkan dalam RUK ini diperlukan agar kelompok dapat membantu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi keluarga tani dalam pengelolaan usaha pertaniannya yang pemecahannya dapat lebih efektif dan efisien bila ditangani secara bersama.

Analisis kebutuhan dan potensi kelompok dalam mendukung RUK meliputi modal tenaga kerja, sarana produksi, teknologi, infrastruktur seperti pasar maupun peralatan –peralatan di bidang teknis pertanian , perkebunan, peternakan, perikanan maupun industri ( rumah tangga)



a.Rekapitulasi jumlah kebutuhan sarana produksi, modal, tenaga kerja dan kebutuhan lain yang ada dalam setiap RUK
b.Identifikasi kelompok yang dapat mendukung RUK yang telah disusun seperti modal, alat, dll yang dimiliki anggota.

4.Perumusan Sasaran Yang akan dicapai

a.Tinjau kembali prioritas masalah dari hasil rekapituklasi RUK
b.Bila ada kegiatan / usaha yang dapat dikerjsamakan dalam kegiatan kelompok rumuskan apa dan abagaimana bentuk kerjasamanya tersebut dan apa tujuan yang ingin dicapai
c.Telaah ulang data / informasi yang ada :
-apakah kegiatan tersebut benar-benar menjadi kebutuhan kelompok
-apakah kegiatan tersebut melaksanakan oleh dan melalui kerjasama kelompok
-apakah kegiatan tersebut sudah benar-benar menjadi kesepakatan bersama yang artinya semua anggota berasedia untuk melaksanakan

d.Diskusikan tingkat kemampuan /keterampilan anggota kelompok untuk setiap prioritas masalah . Penentuan tingkat dengan cara :
-apabila > 15 % dari seluruh anggota kelompok dapat menangani masalah yang dihadapinya maka dapat dikategorikan memiliki tingkat kemampuan /keterampilan yang tinggi.
-Apabila 50 % - 75 % kategori sedang
-Apabila > 50 % kategori keterampilan

5.Penyusunan Rencana Kegiatan Kelompok

RKK perlu dituangkan kedalam bentuk tertulis, mengingat kemungkinan adanya kegiatan yang pemenuhan kebutuhannya dipenuhi dari luar kelompok. Hasil rencana dalam bentuk tertulis diajukan dalam proses penyusunan RKPD atau kepada pihaklain guna mendapatkan dukungan , teknis, atau kemitraan.

a.Musyawarahkan hasil analisis masalah dan kebutuhan yang telah disusun
b.Telaah dan kaji kembali hasil PRA Desa, sebagai pertimbangan dalam melengkapi hasil analisis masalah dan potensi yang telah dibuat kelompok dan juga dala mempertimbangkan alternatif kegiatan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar