Rabu, 22 Juli 2009

Pengembangan Modal Kelompok


I. PENDAHULUAN

Maju mundurnya sebuah kelompok tani sangat tergantung kepada ketersediaan dana. Keberadaan Dana sangat diperlukan sebagai modal untuk menggerakkan seluruh kegiatan kelompok, sehingga aktivitas kelompok dapat berjalan dengan baik. Sebaliknya apabila sebuah kelompok tidak mempunyai modal maka dapat dipastikan aktivitas kelompok tersebut tidak akan berjalan.

Pemupukan modal menjadi hal penting untuk dilakukan dengan cara menggali sumber-sumber modal. Baik modal dari dalam kelompok (internal) maupun modal dari luar kelompok (eksternal). Agar modal yang terkumpul dapat berkembang perlu diusahakan banyak jenis kegiatan usaha yang dapat dilakukan oleh kelompok tani salah satunya adalah kegiatan Usaha Simpan Pinjam.

II. LATAR BELAKANG

Pada kenyataannya masih banyak kelompok tani yang belum melakukan pemupukan modal. Kalaupun ada tetapi tidak mampu untuk mengelolanya, sebab tanpa adanya kemampuan dalam mengelola modal, maka modal yang sudah terkumpul menjadi sia-sia bahkan bisa habis untuk membiayai kelompok.

Berangkat dari kesadaran bersama akan pentingnya menggali sumber-sumber modal dan mengelolanya menjadi sebuah usaha, Kelompok tani Mau Jaya sebuah kelompok tani unggulan dari Desa Gunung Makmur

Telah melakukan pemupukan modal dengan menggali sumber-sumber modal dari dalam (internal) dan mengelolanya menjadi sebuah usaha, yaitu usaha simpan pinjam.



III. LANGKAH-LANGKAH PENERAPAN PENGEMBANGAN MODAL KELOMPOK DENGAN KEGIATAN USAHA SIMPAN PINJAM (USP)

►PERTEMUAN KELOMPOK

Pertemuan kelompok dilaksanakan untuk merencanakan kegiatan Usaha Simpan Pinjam, menggali sumber-sumber modal, membuat ketentuan / aturan-aturan dan lain-lain yang dianggap perlu.

►PEMUPUKAN MODAL

Pemupukan modal dilakukan dengan cara menggali sumber-sumber modal, baik modal dari kelompok (internal) ataupun sumber modal dari luar kelompok (eksternal).

►SUMBER MODAL DARI DALAM KELOMPOK (INTERNAL)

1.Uang Pangkal / Simpanan Pokok Rp.10.000,- adalah simpanan yang wajib dibayar oleh setiap anggota pada waktu masuk menjadi anggota, dapat dibayar sekaligus atau diangsur.
2.Simpanan Wajib Rp.1.000,- perbulan untuk setiap anggota membayar setiap bulan.
3.Simpanan Suka Rela adalah jenis simpanan yang bebas baik besar nominal maupun waktunya
4.Bunga Pinjaman adalah nominal jasa yang diperoleh dari aktivitas pemberian pinjaman/ kredit.
5.Simpanan Sisa Hasil Usaha adalah simpanan yang diperoleh dari penyisihan SHU yang disepakati pada Rapat Anggota Tahunan (RAT).

►SUMBER MODAL DARI LUAR KELOMPOK (EKSTERNAL)

1.Kredit dari Bank adalah modal yang diperoleh dari pinjaman Bank.
2.Bantuan dari Dinas adalah bantuan yang diperoleh dari Dinas baik berupa uang atau barang
3.Penyertaan modal dari pihak lain dalam waktu tertentu dengan atau tanpa bunga yang disepakati.

IV. KETENTUAN / ATURAN-ATURAN

1.Besar pinjaman maksimum Rp.1.500.000,- atau disesuaikan dengan keadaan keuangan.
2.Besar pinjaman satu juta keatas harus ada jaminan
3.Bunga pinjaman ditetapkan 5 % perbulan.
4.Cara pembayaran pinjaman diangsur setiap bulan atau dibayar sekaligus setelah panen.
5.Jangka waktu / lama pinjaman maksimum satu tahun
6.Bunga simpanan suka rela ditetapkan 2% perbulan
7.Simpanan Suka rela tidak boleh diambil sebelum akhir tahun

MANFAAT

1.Kelompok mempunyai dana untuk menggerakkan seluruh aktivitas kelompok berjalan dengan baik.
2.Dapat menambah modal usahatani anggota
3.Kalau anggota sewaktu-waktu ada keperluan uang yang mendesak bisa meminjam kelompok dengan proses mudah dan cepat.
4.Dapat Menabung melalui simpanan suka rela
5.Dapat jasa dari simpanan suka rela
6.Dapat sisa hasil usaha (SHU)

V. KEKAYAAN KELOMPOK

3 komentar:

  1. Nilah solusi terbaik untuk kebebasan finansial, menjadikan tahun Anda sukses dengan mengunjungi layanan pinjaman christian morgan dimana Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk memulai bisnis impian Anda tanpa stres dan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dalam satu minggu .. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau pernahkah Anda ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui christianmorganloanservices@gmail.com

    DATA PEMOHON:

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Pinjaman Bunga:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar dulu;
    16) tanggal lahir;

    Terima kasih,
    Ibu Christian

    BalasHapus
    Balasan

    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ibu ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Ibu. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Ibu. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Ibu ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Ibu. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin,
    Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus