Senin, 21 September 2009

PEPAYA : Pemeliharaan,



Setelah tanaman tumbuh dan agar tumbuhnya teap baik, pemeliharaan harus terus menerus. Pemeliharaan tersebut antara lain selalu mengamati keadaan tanaman, apakah ada penyakit atau banyak rumput-rumputan liar sekitar tanaman. Aapabila banyak tumbuh rumput liar, perlu disiangi, tetapi permukaan tanah harus tetap tertutup oleh humus agar tanah tidak kering. Penutupan ini dapat pula diusahakan dengan adanya “ multiple copping” (tumpang gilir) dengan tanaman pendek seperti cabe, katuk, tomat, bayam, dll

Penyiangan rumput liar diusahakan agar tidak sampai merusak akar papaya dan tanah bagian atas bisa gembur. Makin tua tanaman, penggemburan permukaan tanah makin perlu diperhatikan.

Multiple Cropping

Dapat berfungsi menggemburkan tanah bagian atas. Selain itu multiple copping dimaksudkan untuk memanfaatkan anah kering dibawah pohon papaya agar dapat menghasilkan jenis tanaman berguna yang lain. Multiple cropping dilakukan setelah pemupukan tanaman yang ke 3 atau sesudah tanaman berumur setahun. Multiple cropiing atau tanaman tumpang gilir, yaitu tanaman peaya ditumpangi dengan tanaman tanaaman lain berakar pendek seperti tomat, cabe, dan katuk.
Tetapi sebelum pemupukan ketiga, atau sesudah tanaman berumur setahun sebaiknya janganlah diselingi tanaman lain, karena tumbuhnya tanaman selang bisa mengganggu tumbuhnya tanaman papaya.

Disekitar satu pohon papaya dapat ditanami empat pohon tanaman selang, seklilingnya, pada pojok-pojok lubang tanaman yang telah dibumbun, atau tanaman selang ditanam berjajar antara dua galangan .
Sekeliling kebun papaya dapat ditanami tanaman pagar misalnya “ tanaman pisang” atau tanaman lain yang memungkinkan memberikan hasil tambahn kepada petani / pemilik kebun pepaya. Bila ditanam pisang sebagai tanaman pagar, rumpun pisang diatur tidak lebih dari 3 batang per rumpun, dengan jarak tanam lebih dari 3 meter.
Dengan multipel cropping, kebun papaya selalu terawat baik dan dari kebun papaya dapat dipungut hasil tanaman lainnya selain dari tanaman papaya.

Anda masih kurang info tentang Pepaya, silahkan klik link berikut ini :

a. Wikipedia Indonesia : Situs yang memuat segala segala yang ingin anda ketahui didunia Online (Internet)

b. Manfaat Pepaya , blog Pribadi

c. Manfaat Pepaya dari segi Kesehatan

d. Pepaya sebagai Tanaman Obat

1 komentar:

  1. Salam kenal
    Terima kasih infonya dan bermanfaat untuk saya terapkan di perkebunan saya.
    Salam dari Petani Pepaya

    BalasHapus