Rabu, 11 November 2009

OPT Pascapanen Pada Buah-buhan dan Pengendaliannya.




OPT pada tanaman buah pasca panen pada umumnya adalah mikroorganisme yang menyebabkan kerusakan atau busuk.  Serangan OPT tersebut dicirikan  dengan gejala yang muncul setelah panen seperti kulit buah berwarna coklat sampai hitam. Bila kulit buah yang sudah berubah  warna tersebut dibuka, maka permukaan daging buahnya melunak dan bahkan berair.tergantung pada tingkat kerusakan yang terjadi.  Penampilan kulit buah yang  yang demikian menyebabkan  buah tidak menarik bagi konsumen dan mempunyai nilai jual yang rendah.  Kondisi buah seperti ini sering  terlihat pada saat  buah buahan berada dalam pengangkutan., dalam kemasan,penyimpanan, pemasaran, atau ketika dalam masa konsumsi setelah sampai ditangan konsumen.
Untuk meningkatkan kualitas produk buah perlu diperhatikan  beberapa factor, antara lain : kondisi awal kualitas kesehatan tanaman, dari komoditas buah  dilapangan, termasuk dalam penerapan  Pengendalian Hama Terpadu ( PHT), suhu dan kelembaban  saat pasca panen, cara penanganan, cara penyimpanan,transportasi dan distribusinya.  Hal tersebut merupakan  system yang terkait  satu sama lain dalam menjaga kualitas buah.


Pada Lembar Informasi Pertanianyang diterbitkan oleh .Pusat Pengembangan Penyuluhan Pertanian , BSDM Pertanian dengan Tabloid Sinar Tani, diinformasikan tentang :
  • Nama OPT
  • Gejala morfologi dan daur Penyakit
  • Penyebaran dan
  • Cara Pengendaliannya.
Sedangkan Komoditas yang dibahas / diinformasikan dainataranya adalah :
  • Jeruk
  • Mangga
  • Pisang
  • Nenas dan
  • Pepaya.
Bagi anda yang ingin memperoleh info lebih lengkap tentang OPT Pascapanen pada Buah-buahan dan cara Pengendaliannya., silahkan download file  disini .File banyak sekitar 2407 Kb


Anda Petugas Perlindungan Hama dan Penyakit, Penyuluh Pertanian, Petani, Pengusaha Tani, Mahasiswa Jurusan Pertanian, memerlukan data ini. aka da ruginya anda memiliki secara gratis.

Bila anda setia mengikuti perkembangan postingan, anda dapat info lebih banyak seputar pertanian.
Atau anda punya pengalaman yang menarik, memang perlu disampaikan, saya mengharapkan kesediaan anda memberikan masukan, info untuk melengkapi artikel ini.
Ditunggu artikel anda, komentar seputar pertanian.
Saya bukan ahli dibidang tertentu, hanya sebagai pengantar , fasiltator saja.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar