Rabu, 27 Januari 2010

Faktor iklim yang mempengaruhi budidaya sayuran

Mari kita kaji, uraikan pertimbangan sebelum memutuskan bertanam  sayuran : 
a.  Iklim 
Setiap jenis sayuran mempunyai reason yang berbeda terhadap iklim. Pemilihan lokasi untuk suatu jenis sayuran harus disesuaikan  dengan keadaan iklim setempat.  Unsur unsure iklim yan memempengaruhi pertumbuhan dan produksi tanaman antara lain adalah sinar matahari, shuhu, dan curah hujan.
a.    Sinar Matahari
Semua tanaman memerlukan sinar matahari sebagai sumber energy untuk pembentukan  gula melalui proses fotosintesis. Selain itu proses  perkecambahan, pembentukan umbi, dan pembungaan juga meruipakan  respon dari tanaman yang dipengaruhi oleh sinar matahari. Tanaman yang kurang mendapatkan sinar matahari, pertumbhanan terhambat, lemah, pucat dan memanjang.
Tanaman sayuran mempunyai sifat yang berbeda dalam penyerapan  sinar matahari. Ada yang menghendaki penyinaran  yang panjang, ada pula yang pendek. Maksudnya adalah  disebtu panjang lama penyinaran lebih adri 12 jam sehari, sedangkan penyinaran pendek kurang dari 12 jam sehari.
b.    Suhu
Setiap jenis sayuran buah dan daun berbeda dalam pemanfaatan suhu, menghendaki suhu rendah, yang tinggi untuk proses pertumbuhannya. Suhu udara disekitar tanaman mempengaruhi aktivitas pertumbuhan, pembelahan sel, fotosintesis dan respirasi. Semakin rendah suhu lingkungan, semakin rendah pula laju fotosintesis dan respirasi.
c.    Curah Hujan
Air merupakan sautu unsure yang menentukan hidup matinya tanaman. Mulai dari proses berkecambah sampai berproduksi , tanaman membutuhkan air. Setiap jenis  tanaman membutuhkan air dalam jumlah yang berbeda, tergantung daeri sifat morfologis, proses fisiologis, dan keadaan lingkungan. Sehingga ada tanaman yang menghendaki  daerah basah dan adapukla yang menghendaki daerah yang relative  kering untuk tempat tumbuhnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar