Minggu, 08 Agustus 2010

IKUTI SAYA


 APA ITU PENYEGAR SUASANA
Penyegar suasna adalah kegiatan yang dilakukan untuk memulihkan suasana belajar dari situasi yang kurang mendukung proses belajar menjadi suasanan  yang memabntu anggota belajar untuk mengikuti proses  dengan lebih aktif.
Banyak permainan yang dapat kita laksanakan untuk merubah suasana tersebut.
Salah satunya dalah :
IKUTI  SAYA
Latar Belakang
Bila kebanyakan peserta mengantuk, hamper dapat dipastikan bahwa kegiatan tersebut tidk banyak bermanfaat. Dibutuhkan penyegaran sebelum melanjutkan kegiatan tersebut, terutama agar peserta bias kembali mencurahkan perhatinnya pada topic yang sedang dibahas.
Tujuan
Untuk menyegarkan tubuh peserta dengan sedikit gerak dan humor.
Langkah-langkah
1.       Mintalah peserta berdiri di tempat masing - masing
2.       Julurkan kedua tangan anda lurus  kedepan dengan kedua telapaknya mengatup. Mintalah peserta menirukannya.
3.       Mintalah peserta mengikuti setiap gerakan anda. Mulailah bertepuk tangan dengan tangan yang tetap lurus kedepan. Usahakan membuka tangan selebar mungkin. Mulailah dengan pelan, kemudian tingkatkan kecepatannya. Sampai  kira kira peserta mulai mekanis. Lalu buatlah tepuk tangan anda meleset. Biasanya sebagian peserta, kalau tidak seluruhnya masih tetap bertepuk tangan.
4.       Buatlah reaksi heran, lalu tanyakan kenapa mereka tidak mengikuti gerakan anda ? Apakah gerakan yang anda lakukan sulit untuk ditirukan ? Kalau tidak, kenapa tidak bisa diikuti ? Apa yang bias disimpulkan ?
5.       Sekarang anda bisa kembali ke topic semula.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar