Senin, 18 Oktober 2010

Banyak Manfaat dari Tanaman Pisang

Tujuan utama bertanam pisang adalah memperoleh buahnya yang dapat disantap sebagai buah meja, cuci mulut sehabis makan , dimasak jadi berbagai makanan, dibuat pisang salai, keripik pisang, atau tepung pisang. Rasa pisang rupnya demikian “ netral sehingga digemari setiap orang, mulai manca Negara samapi orang local kita sendiri.

Selain buahnya yang dapat dimakan langsung, atau melalui pengolahan, ada bagian pisang yang dapat dimanfaatkan yaitu “ BUNGANYA “
Bunga pisang merupakan bahan yang dapat dioleh jadi sayur oleh ibu –ibu rumah tangga.

Daunnya merupakan bahan pembungkus, baik pembungkus dagangan atau pembungkus kue kue sebelum dikukus.

Adalagi yang dimanfaatkan dari pisang ;PELEPAH PISANG ‘ Pelepah pisang dikeringkan dan digunakan sebagai lapisan kernajang untuk mengepak tembakau. Dimusim Tembakau pelepah pisang yang telah dikeringkan ini merupakan dagangan yang penting sebagai pembungkus tembakau masih belum digantikan oleh bahan lainnya, misalnya plastic.
Batang pisang dipedesaan banyak dimanfaatkan sebagai penutup tanah disekitar batang cengkeh, atau tanaman lainnya.
Tanaman pisang dapat juga dimanfaatkan sebagai pelindung tanah pencegah erosi dipinggir –pinggir tanah yang terbentuk sngekedan , Banyak juga petani yang meanfaatkan tanman pisang sebagai tanaman sela disamping tanaman cengkeh.

Link terkait yang bisa Anda kunjungi :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar