Kamis, 09 Juni 2011

Hasil Optimal sistem Budidaya Padi Sistem SRI

Mendapatkan hasil panen yang optimal maka dalam mengimplementasikan metoda SRI ada hal-hal teknis dan non teknis yang harus diketahui dan dipahami para petani. Hal-hal teknis ada yang mutlak harus dilakukan, serta hal yang boleh diubah sesuai dengan situasi kondisi. Hanya saja bila perubahan itu dilakukan, meski ada peningkatan tetapi hasilnya tidak seoptimal bila petunjuk-petunjuk ”SRI” dilaksanakan seutuhnya. Sedangkan persyaratan non teknis yang mutlak harus mereka miliki diantaranya:
(1) Petani harus memilki motivasi untuk maju dan berubah dengan tekad yang kuat dalam rangka memperbaiki kehidupan dan kesejahteraannya.
(2) Petani bersedia bekerja keras karena dengan metoda ”SRI” akan membuat pekerjaan lebih banyak, serta harus ulet sehingga tidak cepat putus asa bila mendapatkan tantangan dalam melaksanakan kegiatan penanaman padinya.
(3) Petani harus mau untuk terus belajar, jangan miskin pengetahuan dan informasi serta mau bertanya sana sini agar dapat menambah pengetahuan dan wawasannya.
(4) Petani jangan mudah tertarik serta terjebak dengan harga saprotan yang murah, persayaratan pembayaran yang ringan tanpa memperhitungkan akibat-akibat yang lebih jauh baik pada tanamannya maupun kemandiriannya.
(5) Petani tidak boleh terkecoh dengan informasi yang menyatakan bahwa kompos bisa dicampur dengan pupuk kimia, atau pupuk organik cair saja sudah cukup untuk menyuburkan tanaman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar