Rabu, 18 Juli 2012

Mari Nanam Blewah dan bikin Es buah


Blewah (Cucumis melo L. Kelompok Cantalupensis) adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, selain timun suri dan kolang-kaling. Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Ia berbentuk liana, seperti juga labudan mentimun.
Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.
Kandungan gizi
Blewah kaya kandungan mineral kalium dan provitamin A serta serat makanan. Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, dan menurunkan tekanan darah.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Blewah
Kalimantan Selatan, buah Blewah belum banyak dikenal  oleh masyarakat luas.Termasuk saya yang tinggal di Kota Pelaihari, dengan mencari pustaka di berbagai buku tidak ada, akhirnya dengan bantuan Paman Google, ada sedikit info yang saya baca. Artikel lengkap tentang budidaya, penyebaran luas tanam dan produksi masih belum ada. 
Saya mencoba beli benih Blewah 1 bungkus Rp. 15.000 dengan berat 5 gram. segera disemai pada polibag, beberapa sudah tumbuh, sekitar 10 hari saya pindah di tanah dan Polibag ukuran besar. Lubang tanam saya gali dengan cangkul ukuran 40 cm, masukkan pupuk organik seperti kompos dan pupuk kandang dari Sapi.
Contoh tanaman blewah sudah mulai tumbuh subur cabang mencapai 80 cm dan mulai berbunga.Tanggal pengambilan foto 15 Juli 2012   

  Artikel terkait silahkan kunjungi  : website :  http://kulinerkita.multiply.com/reviews/item/952 klik DISINI
  Artikel   tentang cara membuat Es buah Blewah... silahkan kunjungi website    
    http://baltyra.com/2009/08/03/pecel-es-blewah/ atau Klik DISINI

1 komentar: