Jumat, 16 Januari 2015

Jambore Bawang Merah di Banjarbaru

Pada bulan Oktober 2014 yang lalu ada event akbar tingkat Nasional yaitu Jambore Bawang Merah pada tanggal 21 -22 Oktober, di Desa Gunrtung Manggis, Banjarbaru Kalimantan Selatan. Nah untuk merekam jejak kegiatan tersebut dapat anda baca dan lihat posting berikut ini :

Bawang merah kini tidak hanya menjadi perhatian Pemerintah Pusat dan Daerah namun juga telah menjadi salah satu komoditas yang menarik bagi petani. Jika sebelumnya petani khususnya di daerah dataran rendah seperti Kalimantan Selatan hanya meyakini bahwa bawang merah hanya dapat diproduksi oleh petani-petani di dataran tinggi, khususnya Pulau Jawa, melalui ajang jambore masyarakat luas melihat secara langsung pertanaman bawang merah di daerah mereka sendiri.

Tujuan kegiatan ini adalah a) Mensosialisasikan varietas unggul  bawang merah kepada petani, b) Mengetahui daya adaptasi varietas-varietas unggul bawang merah di Kalimantan Selatan, c) Mensosialisasikan penggunaan benih bermutu, d) Memperkuat jaringan komunikasi antar pelaku usaha perbenihan bawang merah., e) Meningkatkan ketersediaan benih bermutu varietas unggul dan f) Edukasi untuk Petani/Penangkar, Petugas Lapang, Peneliti, Pelajar dan Masyarakat. Sedangkan tema kegiatan ini adalah : Dengan Menggunakan Benih Bermutu Varietas Unggul, Produktivitas Bawang Merah Meningkat”

Pada saat Jambore juga diadakan gelar teknologi yang dikuti oleh instansi terkait dan stake holder seperti produsen benih hortikultura. Varietas Bawang Merah yang berpartisipasi dalam Jambore Varietas Bawang Merah sebanyak 19 (sembilas belas) varietas :  Bauji, Biru lancor, Batu ijo, Bima Brebes, Crok Kuning, Ilokos, Keta Monca,  Lembah Palu, Manjung, Palasa, Rubaru, Sembrani, SriKayangan, Super Philip, Tunggnamo, Tinombo, Tiron, Trisula dan Tuk Tuk.

Nah ini hasil rekam kegiatan...


Aserani salah satu Penangkar Bawang Merah asal Kab Tanah Laut


Pembukaan Jambore Bawang Merah

  Petani dan penangkar mengunjungi lahan lokasi kegiatan 


Ada lagi pergaan / demo oleh beberapa produsen benih unggul. menampilkan beragam sayuran daun dan sayuran buah jenis baru










Untuk mengikuti secara lengkap anda bisa mengunjungi website berikut :




1 komentar:

  1. ini yang aku cari, makasih gan artikelnya.
    sharing juga ni, dengar-dengar blog jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia adalah blog baru yang cukup bagus menyediakan referensi seputar pertanian, sesuai dengan namanya jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia memang tidak hanya membahas teori saja, namun infonya juga bersifat aplikatif, karena itulah kadang juga saya mengunjunginya DISINI>> jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia

    BalasHapus