Minggu, 06 September 2020

Ternyata Mudah Perbanyakan Miana dengan Stek ( Bagian 2)

Mari kita Lanjutkan 
Penulis mempunyai Miana yang sudah tua umurnya lebih 1 tahun, penampilan sudah jelek, dan mulai menunjukan  gejala mati. Maka perlu di remajakan kembali. Caranya dengan stek pucuk, stek batang.
Penampakan Miana yang sudah tua :
Langkahnya adalah :
  1. Potong pucuk, ranting Miana yang baik, sehat tidak sakit perhatikan daun mulus tidak ada serangan Hama Penyakit, gunakan gunting tanaman, atau pisau.



  2. Hitung jumlah pucuk yang telah dipotong untuk menyiapakn media tanam
  3. Siapkan fungisida cair atau bubuk, punya penulis yang cair, untuk merak dagang terserah anda yang penting mudah didapat dan dapat dibeli oleh anda
  4. Rendam pucuk Miana  selama 5 - 10 menit.  dengan dosis 2 cc/ml  per liter air.  cairan fungisida di wadah bekas  yang tidak  terpakai. Tujuan untuk mengurangai kematian seperti busuk padabagian ujung tanaman yang dipotong. 
  5. Selanjutnya media tanam yaitu Pot dan Polibag yang segera kita isi dengan pupuk organik, siram dengan air agak merata m kondisi media tanam jadi dingin juga tersedia air cukup bagi pertanaman baru.



  6. Selanjutnya kita tanam stek Miana, untuk pot Plastik ukuran 20 cm, bisa di tanam  4  stek, letakan ditempat teduh atau naungan agar tanaman yang baru tidak stres.


9. setelah menunggu 7 - 10 hari terjadi perubahan m stek pucuk mulai kelihatan ada tanda kehidupan, perhatikan ada stek yang tidak tumbuh. Perawatan penyiraman 2 hari sekali, jangan tiap hari. Stek bisa busuk kebanyakan air.


  • Penampakan tanaman umur 14 hari, bisa kita pindahkan ke Pot yang lebih besar untuk ditampilkan ditempat umum.
  • Miana deawasa dengan warna warna dan bentuk daun yang menawan bisa kita nikmati bersama sama,


  • Untuk menanam lebih baik  untuk `1 pot kita campur dengan anekan jenis varian Miana agar lebih meriah penampilan warnanya
Demikian cara perbanyakan stek pucuk Miana, untuk lebih jelasnya anda dapat mengunjungi Youtube milik penulis dengan tema yang sama,  silahkan di Klik  DISINI....  

Jangan lupa subscribe, share dan Suka ( Like)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar