Selasa, 23 Juni 2009

Penggolongan Metode Penyuluhan

Berdasarkan tahap/proses penerimaan dan penerapan
  1. Tahap Kesadaran : Siaran Radio, siaran tv, film, slide, penyebaran terbitan
  2. Tahap Minat : Siaran radio, siaran tv, film penyebaran terbitan
  3. Tahap Menilai : Demonstrasi, pameran, karyawisata, kurus tani, perlombaan, pertemuan – pertemuan, petani magang
  4. Tahap mencoba : demonstrasi, pameran, karuawisata, kurus tani, perlombaan, pertemuan, petani magang
  5. Tahap Penerapan : Demosntrasi, kurus tani, magang.


Terjadinya proses penerapan atas penerimaan senantia selalu tahapan tertentu, dimulai dari :
  1. Tahap Kesadaran ; seseorang berada dalam keadaan sekedar mengetahui, belum memahami secara mendalam apa yang termakna dalam hal yang baru diketahuimya
  2. Tahap Minat : pada tahap ini seseorang mulai aktif mencari keterangan-keterangan yang lebih banyak, dihuibungkan ide atau praktek baru itu dengan keadaan yang sudah terhadi dan pernah dialaminya, serta perhitungan untung rugi yang sudah melintas dalam pikirannya.
  3. Tahap Menilai : dari adanya pengetahuan dan beberapa keterangan yang jelas, akhirnya dihubungan dengan tingkat kemampuan yang ada pada dirinya, bagaimana kemungkinan hasilnya dan bagaimana yang sudah dilakukan orang lain.
  4. Tahap Mencoba : apabila dirasakan ide atau praktek baru tersebut mampu untuk dilaksanakan kemudian diadakan kegiatan mencoba-coba secar kecil-kecilan
  5. Tahap Penerapan : disini seseorang menerapkan sepenuhnya apa yang pernah diterimanya sabgai anjuran.
APA YANG SAYA DENGAR SAYA LUPA
APA YANG SAYA LIHAT SAYA INGAT
APA YANG SAYA KERJAKAN SAYA MENGERTI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar