Click here for Myspace Layouts

Minggu, 12 Juli 2009

Membuat Nenas Berbuah sesuai Musim


Waktu dan jumlah tanaman Nanas ( Ananas comosus L. Merr) berbuah di kebun bisa diatur. Petani bisa menjadwal panen setiap minggu dengan jumlah tertentu disesuaikan dengan kebutuhan pasar
Cara untuk menjadwal tanaman buah nanas tidaklah susah .
Pertama persiapkan bibitnya. Untuk mendapatkan bibit nanas sebaiknya menggunakan tunas akar. Caranya tanaman nanas dibongkar kemudian pisahkan tunasnya, pilih tunas yang daunnya sehat, tebal dan rimbun, daun daun di sekiling pangkal tunas dibuang, tinggalkan 1/3 bagian untuk mengurangi penguapan dan mempercepat pertumbuhan akar.
Sortirlah bibit – bibit tersebut. Caranya dengan mengelompokkan , bibit bibit yang besar dalam satu kelompok terpisah dengan bibit yang lebih kecil. Pemisahan ini dilakukan untuk memudahkan perlakuan dari pemeliharaan.

Kedua, lakukanlah pengolahan tanah. Tanah dicangkul atau dibajak ± 30 cm dan diratakan. Pada tanah datar dan basah dibuat parit untuk mnegatur drainase ( pengairan). Buat barisan lubang tanam sesuai dengan kondisi di lapangan. Bila tanaman nanas ditanam pada lahan miring maka sebaiknya pembuatan bedengan mengikuti kontour



Ketiga, penanaman . Cara tanam dapat dilakukan dengan menggunakan sistem baris, tunggal, atau ganda ( berbaris dua atau tiga). Tiap lubang ditanam 1 tanaman. Pada sistem tanam tunggal jarak antar tanaman 35 - 50 cm, sedangkan jarak antar baris 80 – 100 cm. Pada sistem tanam ganda, jarak tanam dalam satu baris 50 – 75 cm, sedangkan jarak tanam antar barisan ± 150 cm. ada sistem tanam baris dua dengan jarak dalam barisan 50 cm jumlah populasi per hektar ± 20.000 .

Keempat, pada saat umur 8 – 10 bulan umurnya tanaman nanas mulai berbuah. Kapan bisa dilakukan perlakukan agar tanaman bisa berbuah sesuai keinginan petani ? Ada tanda tanda yang perlu diketahui. Tandanya yakni kalau ada 1.000 populasi tanaman nanas, lalu ditemukan terdapat 2 – 3 tanaman yang beruah sendiri.
Cara pembuahannya adalah menggunakan bahan kimia eteril “ Dulu para petani menggunakan karbit, namun berbahaya, amanya pakai etril. Etril bisa dibeli di pasar atau kios kios pertanian.pestisida.
Dosisnya satu tutup etril dicampur dengan air satu liter satu tangki penyemprot. Cairannya ini selanjutnya diteteskan ke pucuk daun, yakni bagian tengahnya sekitar 10 cc. Atau asal daunnya sudah penuh air.
Sekitar 3 – 4 bulan dari perlakukan tersebut buah sudah keluar. Empat bulan kemudian akan masak “ Cairan inilah yang bisa mengatur tanaman mana yang berbuah dan kapan panennya, Maka hanya sebanyak tanaman yang diperlakuan saja yang akan berbuah,. Bila selang perkukan satu minggu, maka panenya pun bisa per minggu.

Menguntungkan
Budidaya nanas menguntungkan. Bibitnya bisa dipakai beberapa kali, induknya bisa dipakai untuk sekali tanam, dan anakan bisa digunakan untuk dua kali tanam

Sumber : Tabloid Sinar tani, Edisi 3 – 9 Juni 2009, No. 3306, Tahun XXXIX

Anda dapat info tentang Manfaat Nanas ikuti Link berikut ini :

1. www.Sportindo.com berisi tentang Nutrisi /kandungan manfaat buah dan olah tubuh
ggak sabaran ya klik aja.  klik di sini

2. Info lengkap tentang Budidaya Nanas,
anda dapat mengikuti link berikutini, milik pribadi, tampilan pribadi
dengan moto : dari petani untuk petani
ayo klik   klik di sini

1 komentar:

  1. saya pgn tw ttg kebutuhan air (sistem irigasi) untuk nenas pak,

    BalasHapus