Senin, 27 Juli 2009

Penyegar Suasana


Apa itu Penyegar Suasana ?
Penyegar Suasana adalah kegiatan yang dilakukan untuk memulihkan suasana belajar dari situasi yang kurang mendukung proses belajar mengajar menjadi suasaana yang membantru anggota belajar untuk mengikuti proses dengan lebih aktif.

Kapan Kita Membutuhkan Penyegar Suasana
Penyegar Suasana umumnya dibutuhkan padasaat proses belajar sedang berlangsung, disaat – saat seperti peserta mulai jenuh, peserta terlalu tegang, dan sebagainya. Akan tetapi kadang perlu juga melakukan Penyegar Suasana di awal kegiatan apabila kegiatan sebelumnya, telah banyak menguras pikiran

Berikut ini beberapa contoh Penyegar Suasana

TOLONG TANGKAP

Latar Belakang
Pada saar pemandu membutuhkan perhatian seluruh peserta, seringkali beberapa peserta asyik dengan kegiatannya sendiri. Bahkan ada pula yang sampai mengganggu konsentrasi peserta lainnya. Diperlukan suatu Pemecah Suasana agar perhatian peserta tidak pecah.

Tujuan
Agar peserta yang sedang asyik sendiri bisa mengembalikan perhatiannya pada proses yang sedang berlangsung, tanpa harus menegurnya

Langkah – langkah
1.Lemparlah spidol, atau apasaja yang kebetulan anda pegang, peserta yang anda anggap sedang tidak mencurahkan perhatiannya pada proses belajar yang tengah berlangsung. Katakan padanya . Tolong tangkap ?
2. Beri Komentasr : Oh tidak bisa ! Sekarang coba dengan peserta lainnya. Tapi kali ini pastikan kesiapan dia menangkap spidol itu, katakan : Tolong tangkap, anda sudah siap ? Baru spidol anda lempar, usahakan tepat ke arah tanggannya. Beri komentar . Berhasil !
3.Ajaklah peserta membahas kenapa yang pertama gagal dan yang kedua berhasil. Lalu kembali ke topik semula.

Bahan – bahan
Spidol atau sesuatu yang mudah digenggam dan mudah diperoleh di tempat latihan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar