Senin, 26 Oktober 2009

Akses Informasi Pertanian Akan Semakin Mudah

Dalam waktu dekat, petani dapat mengakses informasi tentang pertanian lewat hand phone (HP). Hal ini ditegaskan Direktur E-Business Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo RI), Sri Cahaya Khoironi saat memberikan materi dalam seminar nasional Kebijakan dan Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Peningkatan Daya Saing Agribisnis, di Seameo-Biotrop (6-7/8).

Sekarang dengan berkembangnya Technology Information (IT) para peminat dan peneliti mulai berpikir dalam meningkatkan daya saing pertanian dengan aplikasi IT untuk diseminasi teknologi untuk membantu pengambilan keputusan di instansi pemerintah.

Sementara Sekjen Deptan Hasanuddin Ibrahim menyambut baik langkah tersebut. Menurutnya, Deptan siap bekerjasama dengan Depkominfo dalam menyiapkan informasi pertanian. "Bila kerjasama ini berjalan lancar, informasi seputar pertanian dapat disebarluaskan kepada publik," ujar Hasanuddin seraya menambahkan, informasi pertanian sangat penting untuk meningkatkan daya saing agribisnis di Indonesia.

”Penyebaran informasi untuk petani dengan menggunakan HP atau SMS masih dalam taraf penelitian dan masih dalam bentuk rancangan. Intinya bertujuan untuk membantu petani dalam menentukan harga produknya, jangan sampai ditipu oleh tengkulak karena tidak tahu harga di pasaran.” ujar Dr. Ir. Setyo Pertiwi, Ketua Panitia Seminar yang juga staf pengajar di Departemen Teknik Pertanian.

Ingin info lengkap silahkan anda ikuti Link milik Dinas Pertanian Tanaman Pangan Prop. Jawa BarDt.
Diperta Jawa Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar