Jumat, 16 Oktober 2009

Keamanan Pangan


Pangan dan gizi  sangat terkait dengan upaya peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM) , Pangan yang merupakan salah satu  kebutuhan dasar manusia sangat menentukan  kualitas, manusia dan kualitas masyarakat Ketersediaan  pangan yang cukup. Beraneka ragam , bergizi, merata dan bebas dari pencemaran  merupakan  kebijaksanaan yang ditempuh dalam rangka peningkatan ketahanan pangan dan kemananan pangan.
Keamanan Pangan merupakan  syarat penting  yang harus melekat pada pangan  yang hendak  dikunsumsi  oleh semua masyarakat  Indonesia. Pangan  yang bermutu  dan aman dapat  dihasilkan  oleh dapur  rumah tangga  maupun  dari industri pangan . Oleh karena itu  industri pangan  adalah salah satu  faktor penentu  beredarnya  pangan  yang memenuhi standar  mutu dari  yangtelah ditetapkan oleh pemerintah.
Peningakatan keamanan pangan ditempuh  melalui penggunaan teknologi produksi yang berwawasan lingkungan dan melaksanakan  pengawsan mutu hasil produksi pangan. Agar ketahanan pangan dan keamanan pangan dapat dijaga sampai ditingkat rumah tangga  maka diperlukan  upaya preventif melalui Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi.




Bagian Pertama
Sanitasi
(1) Setiap orang yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan pada rantai pangan yang meliputi proses produksi, penyimpanan, pengangkutan, dan peredaran pangan wajib memenuhi persyaratan sanitasi sesuai ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku.
(2) Persyaratan sanitasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur lebih lanjut oleh Menteri yang bertanggung jawab di bidang kesehatan yang meliputi antara lain :
a. sarana dan/atau prasarana;
b. penyelenggaraan kegiatan; dan
      c. orang perseorangan.

Pemenuhan persyaratan sanitasi di seluruh kegiatan rantai pangan dilakukan dengan cara
menerapkan pedoman cara yang baik yang meliputi :
a. Cara Budidaya yang Baik;
b. Cara Produksi Pangan Segar yang Baik;
c. Cara Produksi Pangan Ola han yang Baik;
d. Cara Distribusi Pangan yang Baik;
e. Cara Ritel Pangan yang Baik; dan
f. Cara Produksi Pangan Siap Saji yang Baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar