Senin, 19 Oktober 2009

Kiat- Kiat Keberhasilan Ber Agribisnis


-->
Mari kita Belajar dengan Petani Sukses dari Jakarta
Bapak H. Sopyan., Sumber Tabloid Sinar Tani,Edisi 16-22 Sept 2009.

Bukan berrmaksud rnengurui  ia mengatakan bahwa apabila anda ingin iadi petani yang
berhasil, ada resep yang mujarab yang berasal dari pengalamannya sendiri (belajar secara otodidak) sebagai berikut

Pertama, Orientasi pasar bukan orientasi produksi. Petani sekarang
harus bisa merubah pola pikir dari hanya meningkatkan produksi menjadi petani yang
bisam membaca peluang pasar. M isalnya bila mau tanarn cabe/timun kit a haruss sudah memprediksi produksi cabe .'omund aiarrrw aku tiga bulan ke depan, pasarnya ada atau tjdak

Kedua, Mempelaiari siatuasi pasar dan system pola tanam yang tepal Untuk menentukan jenis tanaman yang akan ditanam, hendaknya dipelajari dulu jumlah (banyak atau sedikit) petani yang akan tanam (iangan latah,satu tanam timun yang lain ikut tanam timun), hal ini dapat dilakukan dengan cara menanyakan penyedia/penjual benih (berapa banyak benih yang sudah terjual, petani mana saia yang beli, dan  ienis/ varietasnya yang diinginkan pasar). Jika banyak orang tanam timun, sebaiknya kita pilih tanaman lain untuk menghindari iumlah produksi lebih besar daripada produksi yang diperlukan pasar sehingga terhindar dari aniloknya harga, atau sebaliknya kita tanam timun yang tidak diinginkan pasar sehingga tidak ada yang beli, dengan demikian jenis timun yang ditanam harus sesuai dengan yang diperlukan pasar (misal timun sabana).

Ketiga,Tidak malas. Dengan perubahan kebutuhan pasar, petani tidak boleh malas untuk mencari ilmu/informasi seperti kemungkinan terjadinya perubahan iklim, jenis/jumlah benih yang dibutuhkan (harus sesuai kebutuhan pasar (jangan berlebih dan jangan kurang) maupun mencari  solusi apabila ada permasalahan (hama penyakit,air dll).

Keempat, Kerja keras. Jika mengalami
Kegagalan tidak gampang menyerah tetap terus bekeria keras.

Kelima, Disiplin. Petani harus bisa disiplin mengelola waktu/pola tanam dengan baik bila tidak akan mengalami kerugian waktu dan biaya.

Keenam, Modal.Apabila kiat I sampai dengan 5 ditaati, modal hanya menjadi penentu dengan urutan terakhir. Hal ini dibuktikan oleh Sopyan d alam merintis usahanya ia hanya bermodal kepercayaan dan ketulusan (tanpa keinginan untuk memiliki) pihak lain, sehingga mereka rela memberikan pinjaman lahan tidur untuk dikelola menjadi ladang usaha yang sampai sekarang.

Sri Fuii Rahayu - Penyuluh Pertanian, Pusat  Pengembangan Penyuluhan Pertanian, Badan Pengembangan SDM Pertanian. DeDartemen Pertanian.


1 komentar:

  1. Anda dipersilakan untuk "AULIA CONSULT" kami adalah perusahaan pinjaman baru yang didukung oleh BANK DUNIA yang didirikan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam kebutuhan bantuan di dunia, melalui bantuan keuangan. karena tingginya aktivitas penipuan yang terjadi di Indonesia, Jadi Jika Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda meminta hipotek untuk meminta pinjaman Anda atau membayar tagihan Anda, mulailah perdagangan yang baik, atau Anda dapat menemukan uang untuk mendapatkan modal hipotek dari bank lokal, kami adalah perusahaan yang menyediakan pinjaman tidak berguna untuk individu yang tertarik dan serius, perusahaan, badan hukum dan orang awam dengan tingkat keuntungan 2%.

    Kami memiliki akses ke koleksi pembayaran untuk perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis. Kami percaya bahwa kebajikan dan kenyamanan Anda adalah prioritas optimal kami, kami dapat berada di sini untuk membantu Anda mendapatkan pinjaman dan kami datang untuk membantu Orang Baik INDONESIA di negara saya. dan pastikan Anda orang Indonesia sebelum Anda menghubungi kami, INDONESIA SAJA !!!

    CATATAN (NB); JANGAN MENGHUBUNGI KAMI JIKA ANDA TIDAK SERIUS !!!

    Surel; (auliafadhlan6@gmail.com)

    Layanan kami meliputi:

    Membayar Utang
    Pinjaman Komersial
    Pinjaman Pribadi
    Pinjaman Internasional
    Pinjaman untuk Pertanian
    Modal Ventura
    Dan lagi

    PINJAMAN KARYAWAN (NB);
    Setelah merekomendasikan aplikasi pinjaman, Anda dapat mengharapkan respons awal dalam waktu kurang dari 1 jam dan membiayai dalam waktu 24-96 jam setelah menerima pemberitahuan yang kami butuhkan.

    Surel; auliafadhlan6@gmail.com
    WhatsApp: (+12342018860)

    BalasHapus