Kamis, 22 Oktober 2009

PENYEBARAN BROSUR' FOLDER & LEAFLET DAN MAJALAH

1 Pengertian
Penyebaran brosur, folder, leatlet dan majalah adalah metode penyuluthan yang mengggnakan brosur, folder, leaflet dan majalah yang dibagikan kepada masyarakat pada saat-saat tertentu, antaral ain pada saat pameran, kursus tani, temu wicara, temu karya, temu usaha, temu tugas, temu lapang dan lain-lain, atau berlangganan (khusus untuk majalah).

2 Tujuan
a. Mempublikasikan atau menyebar luaskan informasi Pertanian.
b. Memperjelas informasi pertanian kepada petaninelayan.

3 Teknis Pelaksanaan
a. Brosur, folder, leoflet dan majalah hendaknya ditulis secara populer ; artinya kalimat mudah dimengerti dan   disusun secara ringkas tapi jelas, menarik dan tidak menggunakan istilah-istilah ilmiah atau teknis yang sulit, disertai gambar dan foto serta berisikan fakta-fakta yang mutakhir dengan kekhususan-kekhususan sebagai berikut :

I) Brosur : mempunyai 8 sampai 10 halaman yang dijilid, sampul dengan gambar atau foto, isinya ada kata pengantar, pendahuluan, , bab dab abak sub bab serta Penutup. dan penutup.
2) Folder : selembar kertas yang dilipat menjadi dua atau lebih, akan lebih baik apabila pada kulit mukanya berwarna,isinya langsung pada pokok materinya dan sistematis.
3) Leaflet : berupa lembaran kertas, berwarna (lebih menarik), isinya langsung mengemukakan pokok persoalan berupa anjuran,seruan peringatan dan pengumaman.
4) Majalah : diterbitkan secara berkala untuk langganan , mempunyai banyak halaman,isinya banyak judul tentang teknologi pertanian, dan ruang tanya jawab,serta menampung tulisan dari pihak lain (bukan penerbit).

b- Penyebarannya dilaksanakan secara terpadu dengan metode-metode penyuluhan lainnya yang menyangkut jumlah, jenis materi,kegunaan dan waktunya.

c. Disampaikan dengan dibagikan pada tiap-tiap orang dengan penjelasans atau persatu satu ecara bersama-sama dapat juga dilengkapi dengan contohnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar