Selasa, 06 Oktober 2009

Peran Anggota Kelompok


Anda sering bertemu dengan orang banyak, mengadakan pertemuan rutin.
Kunjungan ke kelompoktani, atau mengadakan acara pelatihan dengan banyak orang.
Lebih baik, anda mengenal tipe, kelakuan anggota anda. 
Oke, marilah kita ikuti. 
Dengan mengetahui, peran mereka. Kita dapat  memberi gambaran. Bahwa kita perlu bersabar, jaga diri terhadap mereka. Nah ini bacalah. Moga ada manfaatnya 


1.    Orang yang terlalu ilmiah, membahas persoalan yang dengan sangat ilmiah dengan tinjauan yang berbelit belit   Usahakan orang ini tidak bersembunyi di balik awan dan tarik ke bumi.



2.    Orang yang berpikir bahwa dia lebih tahu banyak dari anda, kadang dia menanyakan persoalan rumit tentang sesuatu yang menyimpang dari pokok bahasan, padahal soal itu sudah dibahas pada sessi terdahulu, dan anda tak mampu mengingat data tentang soal yang satu itu.
3.     Duduk bagai batu karang tanpa gerak ingin memberi kesan bahwa dia tidak serius mengikuti acara, tapi sesungguhnya dia sedang menunggu saat untuk menyampaikan gagasany ang berbobot.
4.    Orang yang bertipe agresif, ia tidak menyukai anda, juga perkataan anda, dan dia bereaksi sesuai dengan itu
5.     Orang yang mengamati setiap kejadian, tapi cukup malu untuk terlibat.
6.     Orang yang anteng, sering kali dia mempunyai  cerita untuk disampaikan, tidak peduli ada, atau tidak  kaitannya dengan pokok bahasan ,pokoknya dia mau  bercerita.
7.    Orang yang suka bersembunyi di belakang temanny a, agak suka berkhayal, walaupun dia bagian ; dari kelompok, dia tidak menyumbangkan apa – apa untuk kelompok.
8.     Suka bersembunyi tapi mengamati dengan penuh perhatian, menunggu kesempatan. bicara, seringkali bukan hanya  bahwa apa yang dia bicarakan samasekali  tidak mengandung  apa-apa, lebih dari. dia hanya ingin mendengarkan pembicaraanny a sendiri.
9.    Orang yang periang, gemar membuat peserta lain tertawa, dia suka belajar tapi bagi dia humor guru yang terbaik.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar