Kamis, 24 Desember 2009

Penyakit Bulai Jagung Meresahkan Petani di Desa ku


Pertanaman Jagung yang tumbuh subur di areal lebih 100 ha yang menyebar didesa Sungai Bakar Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut Kalsel, sejak beberapa minggu ini nampak terserang Penyakity Bulai. Petani Wagino sebagai Ketua gapoktan Sinar Tani mengeluhkan serangan Penyakit Bulai yang menyerang tanamannya dan anggota. Sudah 2 kali ini menyulam benih Jagung. Musim Tanam tahun ini dengan curah hujan yang tinggi dan tidak teratur, membuat tanaman mudah terserang penyakit tersebut. Benih yang digunakan setiap tahun memang sama dari salah satu penyedia Benih Hibrida.


Untuk melihat gambaran bibit jagung yang berumur 3 minggu - 6 minggu sudah terekam saat kunjungan lapangan kelahan mereka ( petani ). Sampai tgl  24 Desember pertanaman belum dapat diatasi,. petani mulai berpikir untuk  mengganti benih merek yang lain, atau bertanam sayuran , jenis palawija yang lain.
Bagi anda yang mempunyai pengalaman mengatasi penyakit ini, silahkan berbagi info, sangat saya harapkan.


Secara Pustaka Penyakit Bulai sebagai berikut :



Penyakit Bulai (Downy mildew)

Penyebab: cendawan Peronosclero spora maydis dan P. spora javanica serta P.
spora philippinensis. yang akan merajalela pada suhu udara 27 derajat C ke atas serta keadaan udara lembab. 

Gejala:
(1) pada tanaman berumur 2-3 minggu, daun runcing dan kecil, kaku dan pertumbuhan batang terhambat, warna menguning, sisi bawah daun terdapat lapisan spora cendawan warna putih;
(2) pada tanaman berumur 3-5 minggu, tanaman yang terserang mengalami gangguan pertumbuhan, daun berubah warna dan perubahan warna ini dimulai dari bagian pangkal daun, tongkol berubah bentuk dan isi; (3) pada tanaman dewasa, terdapat garis-garis kecoklatan pada daun tua.
Pengendalian:
(1) penanaman dilakukan menjelang atau awal musim penghujan; 
(2) pola tanam dan pola pergiliran tanaman, penanaman varietas unggul;
3) dilakukan pencabutan tanaman yang terserang, kemudian dimusnahkan.


Sedangkan artikel yang berhubungan atau terkait dapat mengunjungi link berikut ini

Anda punya gagasan, ide, komentar  tentang penyakit Jagung sangat saya harapkan
Silahkan beri komentar.



4 komentar:

  1. Jadi pingin bertani. Terimakasih infonya.

    BalasHapus
  2. Saya mungkin sependapat agar pengendaliannya dengan eradikasi dengan cara mencabut tanaman terserang kemudian musnahkan, sebab biayanya lebih murah.

    BalasHapus
  3. jamurnya akan tumbuh dengan sempurna biasanya pada jam 02:00 - 04:00 WIB. karena suhu, kelembaban, dll yang mempengaruhinya. sudah ditemukan 10 spesies dari peronos ini, jadi setiap daerah mempunyai spesies yang berbeda. jadi perlu pengendalian yang lanjut untuk melakukan pengendalian yang lebih akurat.

    pengamatan sepintas di lahan tanah karo, sumut. bahwa jagung yang telah dilakukan seed treatment telah mampu diteribos oleh peronos. itu menandakan bahwa peronos sendiri sudah ada yang resisten terhadap suatu treatment pada jagung.

    BalasHapus