Rabu, 16 Desember 2009

Pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian se Kalsel di Pelaihari


Gambar 1.  saya lagi tampil ,Gambar 2. Sek Badan SDM Pertanian, Bupati, Kepala BP4 K
Gambar 3, Sambutan Bupati Tanah Laut, Gambar 4, Pembicara utama Bapak Muchransyah

Pelaihari, Selasa, 15 Desember 2009, Tutup tahun 2009  . pelaksanaan Pertemuan Teknis Penyuluhan Pertanian se Kalsel  di kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Kalsel yang dihadiri perwakilan beberapa kabupaten yang ada di Kalsel seperti Kab Banjar, Kab Balangan, Kab Tanah Bumbu, dll. ikut mewarnai kegiatan tersebut. Selain peserta utama Penyuluh Pertanian se kabupaten Tanah Laut  berjumlah 250 orang. Penyuluh PNS, THL TB berbaur jadi satu dengan semangat baru menghadaip tahun 2010.


Pembicara utama adalah Bapak : IR. Muchransyah, Achmad M.Si, Sekretaris  Badan SDM Pertanian,
Sebelum acara utama ini, sambutan Kepala Badan Penyuluhan Pertanian. Perikanan dan Kegutanan ( BP4 K) Kabupaten Tanah Laut, Ir. A Rahman Said, MP menyatakan bahwa penyuluhan pertanian di Kabupaten telah dapat berjalan dengan baik, dengan terbentuknya BP4K sesuai UU Sistem PP. Kedepan diharapan tahun 2010 - 2014 lembaga di tingkat Kecamatan yaitu BP3 K terbentuk dan berdiri dengan bangunan baru. dengan menempati minimal mempunyai lahan 2 ha, sebagai bentuk Penyuluhan model, tempat Penyuluh Belajar, Petani dan masyarakat belajar teknologi. Peranan Pemda menyediakan lahan yang strategis untuk penempatan Kantor BPP di setiap kecamatan.

Bupati Tanah Laut, Drs. Adriansyah, dalam sambutanya sangat berkomitmen dibidang pertanian, selalu berupaya mendukung kegiatan disektor peternakan, perkebunan, tanaman pangan. untuk kegiatan yang  mendukung industri pertanian telah berdiri Pabrik Sarung Tangan yang berbasis Karet, Pakan Ternak, yang bahan bakunya Jagung, Pabrik Tapioka bahan bakunya ; Ubi Kayu, Pabrik pengolahan Minyak CPO  dengan areal Sawit lebih 20.000 ha. Peranan Penyuluh Pertanian di kabupaten sangat besar dalam mendukung keberhasilan pembangunan pertanian.

Pembicara utama, Bapak Muchransyah A, mengatakan penjabaran dari UU sistem PP sudah mulai di laksanakan secara bertahap dan berkelanjutan.
Penempatan Penyuluh Pertanian Satu Desa Satu penyuluh tetap dijalan. . Penyuluh  yang bertugas sebagai tenaga lapangan di Indonesia terdiri dari Penyuluh PNS, THL TB,  dan Swasta. Keberadaan THL TB sangat mendukung kegiatan Penyuluhan di Indonesia peran mereka kedepan janganlah mengharapkan menjadi PNS, cari peluang usaha, peluang kerja, ciptakan kerja di pedesaan. Bial telah berakhir masa kontraknya yang 3 tahun. Tidak semua Penyuluh dari THL dapat menjadi PNS. Sudah banyak THL yang berhasil berwiraswasta, dapat peluang bisnis. Saya m,ngharapkan penyuluh berusaha untuk menambah penghasilan dibidang lain sesuai keahliannya.

Rencana tahun 2010, Penyuluh PNS akan diberikan sertifikasi yang akan menerima tunjangan Profesi, selain menerima tunjangan Jabatan Fungsional, Tunjangan Daerah ( Daerah otonomi). Banyakknya langkaw awal 5.000 orang Penyuluh se Indonesia. Mereka akan menjali test, ujian kepatutan untuk lulus dan menerima tunjangan tersebut.

Juga Renca BPP model akan menerima satu perangkat Hardware dan software Komputer, untuk menundukung kegiatan " Cyber Ectension ' Penyuluhan Lewat internet. BPP melakukan kegiatan penyuluhan dpat memanfaatkan fasilitasini, masyarakat tani, petani, penyuluh dapat mengakses webstite, blog milik BPP yang online untuk mendapatkan info info seputar teknologi pertanian.

He he he muluk muluk benar, milik depatan dan sekitarnya jarang di up to date datanya.

Banyak lagi l yang beliau katakan. Ini dulu.

Nanti disambung he he, datanya lagi error.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar