Sabtu, 19 Desember 2009

Siapa yang menentukan Harga Cabai ?



Masa yang dinanti setiap petani tentulah masa panen. Panen merupakan kegiatan akhir dari serangan kegiatan berusahatani. Apa yang kita usahakan selama beberapa waktu mulai dari semai sampai perawatannya berakhir dengan pemetikan. Hasil yang ditandai dengan berbuahnya tanaman kita.

Turunnya harga cabe rawit merah tersebut kemungkinan karena stok melimpah setelah panen raya. "Sejauh ini persediaan cabe rawit merah masih mencukupi sehingga dapat memenuhi permintaan konsumen.
Kenaikkan harga cabe rawit dipicu banyaknya permintaan masyarakat yang menggunakan bahan pemedas makanan itu sebagai salah satu bumbu penggugah selera makan

Harga Cabai ( Cabai Rawit dan Cabai Besar ) untuk harga tidak ditetapkan oleh pemerintah, melainkan sesuai harga yang beredar dipasar. Lonjakan dan turunya harga cabai sulit diprediksi. Petani sebagai produsen utama harus pandai pandai membaca peluang usaha ini. Disebabkan modalnya ditanamkan untuk usahatani cabai sangat besar.
Banyak input / modal yang di berikan, seperti mulsa plastik, pemeliharaan ekstra ketat seperti penegndalian hama dan penyakit.

Tanaman tumbuh subur, berbuah lebat belum tentu mendapatkan keuntungan, harga dipasar, harga yang dibeli kulakan sangat menentukan keberhasilan dan keuntungan yang didapat.
Harga bagus dengan nilai Rp. 5.000 / per kilogram, - Rp. 25.000 / per kilogram bukan harga baru bagi petani. permainan harga cabai yang berfluktuasi sering menjadikan petani sebagai produsen selalu was - was , untung, apa buntung musim tanam kali ini.

Membaca peluang pasar kedepan, melihat pesaing,membaca kondisi untuk bulan kedepan.
Intelejen pasar, detektif pasar sangat di harapkan. Bukan hanya dimiliter, dikepolisian, sebagai petani harus mampu jadi detektif harga. Ya agar mampu menutupi modal + keuntungan dilipat.

Selamat bertanam Cabai.

Artikel terkait dengan harga Cabai :

1. Harga di Surakarta
2. Harga di Medan  ( Sumut ) Pasokan Melimpah Harga Turun
3. Harga di Lampung Cabai Meroket ( Radar Kota Bumi)
4.Harga di Bandung ( Pikiran Rakyat)   Pasokan Terbatas, Harga Cabai Naik
5.Harga Cabai Rawit di Banjarmasin Melambung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar