Click here for Myspace Layouts

Jumat, 02 Juli 2010

Arti penting monitoring dan evaluasi

Monitoring dan evaluasi adalah suatu tahapan yang sangat penting dalam keseluruhan siklus kegiatan, karena keberhasilan dan efektifitasnya sangat menentukan dalam usaha pencapaian hasil akhir kegiatan. Oleh karena itu merupakan suatu kesalahan besar bila susunan perencanaan kegiatan tidak ada monitoring dan evaluasinya.
Monitoring adalah: suatu kegiatan masyarakat untuk memantau perkembangan kegiatan dari waktu ke waktu tertentu (harian, mingguan atau bulanan) agar kegiatan berjalan sesuai rencana.

Monitoring merupakan bagian terpadu dalam daur kegiatan yang seharusnya merupakan tugas rutin dari unit-unit yang ada guna mencatat dan merekam semua peristiwa penting dalam pelaksanaan kegiatan apakah terjadi penyimpangan dari rencana atau sesuai rencana.

Evaluasi partisipatif adalah: proses penilaian yang dilakukan untuk mengetahui dampak pelaksanaan kegiatan selama masa yang ditentukan dengan melibatkan orang-orang yang juga terlibat secara aktif dalam kegiatan tersebut yang merupakan anggota masyarakat dimana kegiatan dijalankan.

Hal-hal penting dalam monitoring dan evaluasi partisipatif adalah :
1. Metode yang digunakan untuk melakukan monitoring dan evaluasi;
2. Menyimpulkan hasil monitoring dan evaluasi dari metode yang digunakan;
3. Merumuskan rekomendasi dan tindaklanjut hasil monitoring dan evaluasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar