Click here for Myspace Layouts

Selasa, 24 Agustus 2010

SISTEM AGRIBISNIS KEDELAI


1.      Subsitem Pasukan input untuk budidaya  di tingkat  usahatani kedelai misalnya :
a)      produsen  atau pemasok barang berupa pupuk,pestisida, benih kedelai, alat dan mesin pertanian
b)      produsen  atau penyedia jasa  seperti perdagangan , kredit, tenaga kerja ( SDM) dan sebagainya.

2.      Subsistem budidaya atau produksi biologis  di tingkat usahatani sebagai  subsistem utama, semua input ( lahan, modal, tenaga kerja) diramu dalam suatu proses  produksi untuk menghasilkan biji kedelai sebagai produk utamanya dan hasil ikutannya seperti daun, akar dan batangna uang bila dikeringkan  dapat dipakai untuk bahan bakar atau yang masih segar bias dijadikan makanan ternak.

3.      Subsistem pasca panen, agro processing atau agro industry, :
·         Buah kedelai dipanen, dikeringkan dn dipisahkan biji dari polonngnya, disortir, dikemas dan sebagainya
·         Biji kedelai diolah  untuk menjadi benih atau menjadi komoditas  yang siap dipasarkan  dengan suatu standar  perdangangan tertentu.
·         Biji kedelai  diolah lebih lanjut  untuk menjadi produk konsumsi atau setengah  matang seperti tahu, tempe atau lainnya.
·         Atau oleh warung  makanan atau pedagang  kaki lima diolah  dari tempe setengah matang menjadi produk akhir siap santap seperti tempe goreng,, kripik tempe atau  pepes tahu.
·           Daun , akar dan batangnya  serta kulit polong nya diolah untuk menjadi pupuk kompos atau untuk media budidaya jamur.

4.      Subsistem  agro marketing, semua komoditas   atau produk  konsumsi tersebut  dipasarkan  melalui serangkaian  kegiatan promosi, dan distribusikan  melalui pedagang besar, eceran dan sebagainya.
5.      Subsistem penunjang yang meliputi  system informasi, litbang tanaman pangan,hokum dan perundangan, kebijaksanaan pemerintah.

Subsistem –subsistem input , agro inustri dan pemasaran  secara  bersama sama sering disebut sebagai subsistem “ off faram”, (luar usahatani), sedangkan subsistem yang kedua disebut “ on farm” ( pada usahatani ).


3 komentar:

  1. Sya salut dengan kegigihan Bpk, untuk menyampaikan infonya,
    dan saya akn meneruskan info ini, smoga lbih bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Makasih anda pembaca setia saya, selalu membantu memberikan info pertanian

    BalasHapus
  3. terima kasih pak atas infonya...sangat bermanfaat buat orang seperti saya yg baru belajar dan semoga bermanfaat buat saya dan yg lainnya....oh iya bpk saya ingin bertanya...untuk referensi lain yang terkait dengan sistem agribisnis khususnya kedelai bisa liat dmn ya pak??mhon dbalas lwt email sya saja ya pak...sylvac4@gmail.com...maaf merepotkan...^^...thanks before..

    BalasHapus