Kamis, 05 Juli 2012

Harga Cabai,dan Tomat Tahun 2011

Menurut BPS ( Badan Pusat Statsitik ) penyebab Inflasi di Indonesia adalah kenaikan harga Cabai Rawit dan Cabai Merah. Nah untuk mengetahui perkembangan harga  ketiga komoditas tersebut  kita perlu  punya data yang dapat dipertanggungjawabkan, sumber asli, lengkap.

Bagi anda ingin mengetahui harga Cabai dan Tomat selama 1 tahun, yaitu sejak Januari sampai dengan Desember 2011 di Kabupaten Tanah Laut,


Kalau kita baca perkembangan harga Cabai Besar rata - rata per kilogram Rp. 12.796,  terendah terjadi pada bulan Januari, Juli dan Agustus Rp. 10.000 dan tertinggi  pada bulan Oktober Rp. 20.000.  Kisaran harga terendah tertinggi  antara Rp. 10.000. Tidak lah ekstrem harga Cabai besar, jadi petani dan pedagang masih bisa mengatur pola tanam dan pola jual agar sama sama untung.

Sedangkan untuk Cabai Rawit,,, selisih harga terendah dn tertinggi cukup signipikan, yaitu trendah pada bulan Juli Rp. 30.000 dan tertinggi bulan Pebruari Rp. 85.000,, Keuntungan dan kerugian yang didapat petani pelaku utama sayuran buah bisa saling menuntupi, karena perbedaan harga yang cukup menyolok.

Untuk Tomat  anda dapat membaca sendiri,,, karena gak begitu jauh selisih harga.

Moga kita suka makan cabai, suka bikin sambel pedas ,, dan suka makan tomat, suka makan olahan tomat..... sehingga petani tetap menanam tomat, menanam sayuran buah....





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar