Kamis, 24 September 2009

Games Training : Menggambar Bersama


Anda seorang Penyuluh Pertanian, Ketua Kelompok Tani, Ketua atau sering menjadi pembawa  acara, berbicara dengan orang orang banyak. Disini ada contoh permainan diharapkan peserta/ anggota kelompok dapat memahami masing masing peran dan kepentingan bersama yang lebih diutamakan. Oke. Saya bukan ahlinya. Bila anda setuju ada info tambahan ditunggu info dan komentarnya.. Selamat Bermain.



Latar Belakang:
Sebuah kelompok baru dapat berfungsi sebagaimana mestinya apabila terjadi komunikasi antar orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Tujuan:
Peserta menyadari arti pentingnya komunikasi dalam satu kelompok.




Langkah langkah:

  1. Peserta dibagi dalam kelompok kecil (5 orang) dan setiap anggota kelompok memiliki nomor urut sendiri-sendiri dari nomor satu sampai nomor lima.
  2. Tiap kelompok mendapat selembar kertas plano dan sebuah spidol untuk menggambar. aku mau menggambar si anu saja ah . . .
  3. Secara berurutan setiap menit, setiap orang dalam kelompok masing-masing diminta menggambar pada kertas plano yang ada, dengan syafat: tidak boleh bertanya atau bicara satu sama lain, setiap orang menggambar apa yang dimaui dan dipikirkan sendiri, kemudian dilanjutkan oleh yang lain pada kertas yang sama menurut apa yang dimaui dan dipikirkan sendiri pula, dan seterusnya sampai seluruh anggota kelompok memperoleh bagian waktunya masing-masing untuk menggambar.

Bahan Diskusi:

  1. Berapa kelompok yang mampu menghasilkan gambar yang utuh dan jelas?
  2. Apa kesan dan perasan setiap orang terhadap hasil gambar kelomponya ?
  3. Bagaimana seharusnya proses yang ditempuh agar hasil  kerja bersama itu memuaskan semua orang dalam kelompok yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar