Jumat, 16 Juli 2010

Bagaimana cara Anda menyajikan isi dari penjelasan yang akan MELIBATKAN peserta ?


  1.  Relevansi apakah isi penjelasan Anda relevan dengan apa yang dibutuhkan penyuluhan Anda untuk diketahui atau dikerjakan?
  2. Apakah Anda mengisahkan sesuatu? mengajar sebenarnya adalah mengisahkan sesuatu. Pikirkan isi penjelasan Anda dengan cara ini. Apakah hal tersebut mengisahkan sesuatu? Bila tidak, susunlah isi menjadi potongan-potongan kecil yang saling berkaitan dengan aliran yang logis.
  3. Posisi fisik Anda Jangan menghalangi pandangan peserta dengan visual Anda da berusahalah bergerak saat melakukan presentasi.
  4. Bina hubungan – peserta yang merasa nyaman akan belajar dengan baik. Sebut nama peserta sebisa mungkin dan jangan pernah berkompromi dengan harga diri seseorang (misalnya jangan pernah mengkritik di depan umum).
  5. Jadilah pembicara yang baik lihat pada mata peserta dan berbicara dengan mereka, bukan pada mereka.
  6. PowerPoint lebih banyak slide belum tentu menjadi lebih baik. Bila menyiapkan presentasi PowerPoint, pertimbangkan aturan 63: tidak lebih dari 6 bulletpoint (titik/poin pen Anda) per slide, 6 baris per slide, atau 6 teks saja pada satu baris. Juga, pastikan teks Anda dapat dibaca daribagian belakang ruangan.
  7.  Evaluasi-diri Anda sendiri di akhir penyuluhan  untuk menentukan apakah telah berjalan dengan baik atau dapat diperbaiki. Hal ini akan bermanfaat bagi penyuluhan Anda berikutnya. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar